Rabu, 17 September 2008

Knowledge Manajemen

knowledge management atau manajemen pengetahuan atau sering disingkat KM sendiri sejatinya dapat diartikan sebagai sebuah tindakan sistematis untuk mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mendistribusikan segenap jejak pengetahuan yang relevan kepada setiap anggota organisasi tersebut, dengan tujuan meningkatkan daya saing organisasi.

Banyak perusahaan baik di luar maupun dalam negeri yang sudah menerapkan KM.

Contohnya adalah Ford Motor Company

Aplikasinya dalam perusahaan dapat dilakukan dengan cara:

1 Membangun Portal Pengetahuan

Dalam portal bisa diakses oleh setiap anggota perusahaan, disusun beragam folder dan menu pengetahuan yang relevan. Isinya bisa menyangkut artikel-artikel tentang manajemen praktis; paper mengenai dinamika industri bisnis yang digeluti; materi-materi pelatihan internal; ataupun juga berupa paper pengalaman dari karyawan perusahaan tersebut dalam mengerjakan sebuah projek tertentu.

2. Knowledge Sharing Session

Sharing session ini bisa dilakukan secara corporate-wide, atau dilakukan per departemen/divisi. Materinya bisa berupa pengetahuan manajemen praktis ataupun pengalaman karyawan dalam mengerjakan sebuah tugas/projek. Hasil sharing session ini kemudian juga bisa di-upload ke Portal Pengetahuan, sehingga setiap karyawan bisa mengakses materinya. Knowledge sharing session ini akan sangat bermanfaat dalam menggali dan mendistribusikan potensi pengetahuan yang ada dalam diri setiap karyawan perusahaan.

3. Online Knowledge Buletin

Buletin ini dapat diterbitkan sebulan atau dua bulan sekali, dan berisikan update pengetahuan-pengetahuan mutakhir mengenai manajemen/bisnis ataupun mengenai dinamika industri yang ditekuni oleh perusahaan tersebut Buletin ini sebaiknya didistribusikan melalui multimedia email Melalui knowledge buletin ini, pengetahuan setiap karyawan perusahaan Anda bisa terus disegarkan dan ter-upate; jadi tidak lapuk ketinggalan zaman.

Keuntungan bagi perusahan yang menerapkan KM adalah dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan Minimalisasi hilangnya “pengetahuan” karena keluarnya karyawan

2 komentar:

SyMaxvolution mengatakan...

Zuan, selamat atas blognya..Cakep bgt totol-totol warna warni. Smoga sukses ya.

deso.wijayanto mengatakan...

Zuan ga di update lagi blognya